RSS

Cinta Bermakna dalam Kesendirian

17 Apr

Cinta Bermakna dalam Kesendirian

Jika semua sahabatku,
Terjun ke dalam jurang

Aku tidak akan mengikuti mereka
Aku akan turun
Dan menangkap mereka dari bawah

Persahabatan bukan berarti mengikuti semua
Persahabatan berarti menjaga semua
Tetap baik untuk kita dan sahabat kita
(Dandy)

Disaat saya berkumpul bareng teman-teman di gang gedung satu–gedung dua yang sering disebut dengan taman eden STMIK AMIKOM Yogyakarta, aku sempat melontarkan sebuah pertanyaan buat mereka ”Menurut kalian apa sih cinta yang tulus itu?” wah banyak sekali komentar yang muncul ada yang bilang ”cinta yang tulus itu bisa saling mengerti dan menberi, maksudnya saling melengkapi gitu”, ada juga yang bilang ”cinta yang tulus itu rasa puas dan pokoknya enak deh”, ada satu yang sempat mnggelitik dalam benakku ada yang menjawab ”cinta yang tulus itu cinta yang menpunyai harapan satu dengan yang lain dan harapan itu menjadi sumber kedamaian dan kenyamanan, serta tidak merubah pribadi orang untuk sesuai dengan kita, maksudnya saling menerima apa adanya dan saling melengkapi tuk kekurangannya” semua temen-temenku pada diem akupun ikut terlarut dalam diam tiba-tiba terdengar suara ” Ingat sobat cinta tulus itu bukan N-A-F-S-U ” tandasnya. Semua terperanjat dan kaget. Dalam hatiku sempat komentar bener juga ya…yang dia katakan dan argumennya masuk akal apa berangkat dari pengalamannya sendiri ya atau hanya pengamatan pikirku aja.

Dengan argument temen-temenku tadi aku justru terus merasa aneh ada ‘cinta yang tulus’ seakan-akan mengamini keberadaan suatu cinta lain yang tidak tulus. Ada cinta yang tulus, berarti harus ada cinta yang tidak tulus dong. Hal yang membingungkan adalah, kok bisa orang menganggap sesuatu yang tidak tulus sebagai cinta ya?

Rasanya aneh, sebab bagi saya kalau tidak tulus ya itu bukan cinta. Ya kayak lagunya Gita Gutawa ”Bukan Permainan”. Cinta itu bukan main dan bukan untuk dipermainka. Apabila ada cinta yang gombal, ya itu bukan cinta. Apabila ada cowok yang mengaku sayang dengan ceweknya tapi melakukan hubungan seks, ya itu bukan cinta tapi nafsu. Apabila ada cinta yang demikian mudah dialihkan kepada target (meminjam istilah sebuah reality show) yang berbeda bila target yang sekarang tidak menerima, ya itu bukan cinta. Apabila ada cinta yang menuntut pasangannya untuk begini dan jangan begitu, ya itu bukan cinta.

Saya jadi merasa bingung deh tapi aku semakin penasaran, banyak juga sih kasus permainan kata yang serupa tapi tak sama. Misalnya saja, kasus janji dan sumpah. Karena banyak orang suka tidak menepati janji, maka muncullah inisiatif untuk mengambil sesuatu yang dinamakan sumpah. Serasa sumpah setingkat lebih tinggi daripada janji, si hobi melanggar janji diharap tidak akan melanggar sumpahnya. (he…he….)

Lho coba apa nggak aneh. Bagiku aneh banget, menurutku yang perlu dibenahi bukan janjinya dan juga bukan dengan menaikkan taraf janji menjadi sumpah, tapi hal yang perlu dirombak justru mental orangnya. Orang yang memang nggak peduli dengan perkataannya, omongannya nggak bisa dipegang, mau dipegang janjinya, sumpahnya, ataupun sekalian dipegang orangnya nggak akan berpengaruh deh…

Kembali lagi ke soal cinta dan cinta yang tulus. Kalaupun banyak orang berbicara tentang cinta dengan penuh kegombalan dan tidak bisa menepatinya, yang salah ya bukan cintanya. Nggak perlu, karena cinta digombalisasi, kemudian kita menciptakan ‘cinta yang tulus’ untuk membedakannya dengan ‘cinta yang gombal’. Lagi-lagi, yang perlu dipermak adalah mental individunya.

Jadi, alih-alih sibuk mencari tambahan kata untuk melengkapi ‘cinta’ demi menjaga maknanya yang tulus, suci, dll, saya lebih memilih untuk membiarkan ‘cinta’ itu sendirian saja. Toh, dari dirinya, dari asalnya, ia sudah tulus, ia sudah suci, dan ia memang lebih terasa bermakna dalam kesendirian. Semoga….!!!

 
Leave a comment

Posted by on April 17, 2008 in ARTICLE, Blogroll

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: