RSS

Cinta Mengubah Hidup

17 Apr

Cinta Mengubah Hidup

(Dandy)

Katanya sih Cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi tidak mengenal ruang dan waktu. Cinta adalah sumber segalanya. Tanpa cinta kita tidak dapat menjadi rekan sekerja Tuhan (co-creator) karena Tuhan adalah kasih. Kita tidak akan dapat mewujudkan setiap impian kita tanpa cinta.

Sebuah kisah yang diceritakan oleh Jack Canfield dalam bukunya Chicken Soup for the Soul mengisahkan tentang seorang profesor di sebuah perguruan tinggi yang membawa kelas sosiologinya pergi mengunjungi pemukiman kumuh di kota Baltimore, Amerika Serikat guna memperoleh riwayat hidup dua ratus anak laki-laki. Ia menyuruh mahasiswanya menulis penilaian tentang masing-masing anak laki-laki tersebut. Dalam setiap kasus, mahasiswanya selalu menulis, ”Ia tidak punya peluang.”

Dua puluh lima tahun berselang, seorang profesor sosiologi yang lain menemukan hasil studi tersebut. Ia menugaskan mahasiswanya menindaklanjuti proyek itu untuk melihat apa yang terjadi terhadap para anak laki-laki itu. Kecuali 20 anak laki-laki yang telah pindah tempat tinggal atau meninggal, para mahasiswa menemukan bahwa 176 dari 180 orang yang tersisa ternyata meraih sukses besar sebagai pengacara, dokter, dan pengusaha.

Profesor tersebut terpesona dan memutuskan untuk mengungkap hal itu lebih jauh lagi. Untungnya, semua orang yang dulu kasusnya ditulis tersebut masih tinggal di wilayah yang sama sehingga ia dapat menanyai mereka masing-masing tentang bagaimana mereka menerangkan kesuksesan mereka. Dalam setiap kasus, jawaban selalu muncul dengan nuansa ”ini berkat seorang guru.” Guru tersebut masih hidup, jadi si profesor melacaknya dan menanyai perempuan yang sudah tua namun masih tetap waspada tentang rumus ajaib yang digunakannya untuk mendorong anak laki-laki itu keluar dari pemukiman kumuh menuju prestasi yang gemilang. Mata guru tersebut berseri-seri dan bibirnya menyunggingkan senyuman lembut. ”Sederhana saja,” katanya, ”saya mencintai anak-anak itu.” Maksudnya cinta mengubah hidup menjadi lebih baik.

Kisah di atas menunjukkan bahwa kekuatan kasih dapat membantu mewujudkan impian dan mengubah kehidupan seseorang. Banyak kisah lain dalam kehidupan kita sehari-hari yang mengajarkan kepada kita bahwa cinta dapat membuat seseorang berjuang dengan keras untuk mewujudkan impiannya. Bahkan kita sering mendengar bahwa seseorang yang sedang jatuh cinta akan menjadi seorang yang mampu menemukan jati diri dan semakin sadar dengan kepribadiannya.

Banyak di antara kita berhasil mencapai impian kita dalam kehidupan karena kita dikelilingi oleh cinta, baik dari orangtua, pasangan hidup dan anak-anak, sahabat, teman, dan mereka semua yang kita cintai. Cinta membuat kita berani membayar betapa pun mahal harga (berupa kerja keras, penderitaan dan kegagalan, hebat ya….) untuk mewujudkan impian yang dapat membahagiakan mereka yang kita cintai itu.

Cinta terhadap sesuatu, termasuk pekerjaan atau hobi dapat mewujudkan sebuah prestasi yang gemilang dalam bidang pekerjaan atau hobi kita. Lakukan segala sesuatu dengan penuh rasa cinta, maka kita akan memperoleh hal-hal terbaik dalam bidang tersebut. Bekerja dengan penuh rasa cinta akan jauh berbeda dengan mereka yang bekerja karena uang semata. Jika kita mencintai apa yang kita kerjakan sehari-hari, kita dapat meraih hasil yang terbaik, memang tidak gampang butuh ketekunan, kerja keras, dan pengorbanan.

Semua orang yang sukses adalah mereka yang mencintai apa yang mereka kerjakan. Sebagai teladan kita lihat Warren Buffet, salah seorang terkaya di dunia. Pada suatu hari dalam sebuah seminar di Universitas Nebraska dia ditanya rahasia kesuksesannya. Dia menjawab bahwa apa yang dia lakukan tidak ada yang istimewa. ”Saya tidak berbeda dari Anda sekalian,” katanya. ”Jika ada, perbedaannya hanya bahwa saya bangun setiap pagi dan memiliki kesempatan untuk melakukan apa yang saya cintai setiap harinya.”

Dengan melakukan apa yang kita cintai untuk orang-orang yang kita cintai, kita akan memperoleh hal-hal terbaik yang dapat ditawarkan kehidupan ini kepada kita. Intinya, cintai pekerjaan kita atau carilah pekerjaan yang kita cintai. Banyak orang sukses karena menekuni dan melakukan hal-hal yang mereka cintai dengan kesungguhan hati. Saya memiliki keyakinan kuat bahwa kekuatan cinta adalah prasyarat utama untuk mewujudkan impian kita. Tanpa cinta kita tidak memperoleh kekuatan untuk mewujudkannya. Cinta akan menumbuhkan iman atau keyakinan tentang sesuatu yang kita harapkan, sesuatu yang belum terwujud.

Memelihara Cinta dalam Keseharian? Bagaimana cara kita agar dapat memiliki cinta serta memeliharanya dalam kehidupan sehari-hari? Pertama, kita harus menyadari bahwa setiap manusia di dalam lubuk hatinya telah memiliki cinta yang merupakan wujud keberadaan Ilahi dalam dirinya. Dalam diri setiap manusia ada Roh Tuhan yang tinggal dan menetap, namun banyak dari kita tidak menyadari bahwa Roh Tuhan itulah yang memberi kita rasa cinta. Tuhan adalah manifestasi tertinggi dari cinta. Dengan menyadari keberadaan cinta dalam diri, kita dapat menggunakannya untuk mencapai hal-hal terbaik dalam kehidupan ini.

Kedua, dengan mendekati hadirat Tuhan setiap hari, baik melalui doa, pujian, penyembahan, dan meditasi. Agar pohon cinta dalam diri dapat terus tumbuh dan berkembang serta berbuah, kita harus selalu memelihara dan merawatnya. Cara terbaik untuk merawat pohon cinta dalam diri kita adalah dengan secara terus- menerus kita memasuki gelombang otak yang lebih rendah dan melakukan meditasi. Cara terbaik untuk memelihara cinta adalah dengan memelihara dan mengembangkan hubungan pribadi yang sangat indah dengan Tuhan.

Dengan tekun berdoa dan bermeditasi, kita dapat bertumbuh dan berkembang secara spiritual dan mampu mendengarkan suara Tuhan sebagai pemandu kita dalam setiap langkah kehidupan. Puncak hubungan yang indah dengan Tuhan adalah ketika kita bisa menemukan tujuan hidup kita sendiri dan kita bisa menjalani hidup ini dengan penuh keyakinan dan pengharapan. Jika kita sudah menemukan ke mana kita akan pergi, seluruh proses dalam perjalanan, yaitu kesulitan dan penderitaan, hanyalah bagian dari perjalanan kehidupan kita. Sehingga apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita, kita terus melangkah dan melangkah untuk meraih impian dan tujuan hidup kita untuk menemukan Cinta dan kedamaian dalam diri.

Dalam sebuah acara di televisi yang dipandu oleh presenter terkenal Oprah Winfrey, Nelson Mandela menceritakan bagaimana pengalamannya di penjara selama 27 tahun oleh rejim Apartheid. Penjara telah mengajarkan kepada dia untuk mengasihi para musuhnya. Selama dalam penjara Nelson Mandela akhirnya menemukan dirinya, dan mengalami transformasi diri dan perubahan karakter yang membuat dia menjadi rendah hati dan menemukan kedamaian. Puncak dari itu semua adalah ketika dia menemukan cinta yang sangat dalam kepada bangsanya, kepada negerinya, dan kepada sesama manusia.

Dengan kekuatan cinta itulah dia mampu mengubah negerinya, dari negara yang rasialis, menjadi negara yang demokratis dan menghormati hak asasi manusia tanpa memandang perbedaan warna kulit. Nelson Mandela menjadi legenda dunia modern karena kekuatan cintanya. Warren Buffet menjadi salah seorang terkaya di dunia karena cintanya. Masih banyak lagi teladan yang menunjukkan kepada kita bahwa mereka dapat mencapai hal-hal yang luar biasa dalam kehidupannya karena cinta. Kekuatan cinta adalah kekuatan yang terbesar dan terdahsyat yang diberikan Tuhan kepada kita manusia citranya. Gunakanlah dan wujudkanlah dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan memperoleh hal-hal terbaik yang menjadi impian dan tujuan hidup kita.

Namun selain itu manusia juga memiliki perasaan yang sangat sensitif, mudah tersinggung dan cepat marah, sehingga tidak jarang emosi kita meningkat ketika ada seseorang yang melontarkan kata-kata yang menyakiti hati dan perasaan kita atau melakukan suatu perbuatan yang tidak sepadan dengan keinginan kita. Hal inilah yang sering menyebabkan kita sebagai manusia tidak dapat merasakan cinta dan kasih dalam diri karena perasaan emosi, amarah, curiga lebih menguasai hati kita dibandingkan dengan perasaan cinta yang ada di dalam diri kita masing-masing. Agar kita dapat senantiasa merasakan cinta dan kasih dalam diri, kita harus lebih banyak menumbuhkan cinta kasih dibandingkan dengan emosi dan amarah yang cenderung melingkupi hati kita.

Hidup ini tidak akan terlalu berarti jika kita tidak memiliki kasih dalam hati kita. Mungkin kita dapat memiliki segala sesuatu yang kita inginkan, semua impian yang kita cita-citakan, namun jika kita tidak memiliki kasih, kita akan kehilangan segalanya.

Cinta timbul karena kita memiliki perasaan, untuk merasakan perasaan tersebut kita harus mengenal diri sendiri dan ingatlah bahwa untuk menemukan kedamaian dan kenyamanan dalam hidup kita, kita membutuhkan cinta dan cinta menginginkan kesederhanaan, ketulusan, kepolosan, kejujuran, kepercayaan, kekaguman, keindahan dan keyakinan. Semoga…..!!!

 
Leave a comment

Posted by on April 17, 2008 in ARTICLE, Blogroll

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: