RSS

RASA IRI BISA MEMOTIVASI DIRI

10 Apr

Jangan mempedulikan betapa hebatnya teman lain,anda harus tetap berpikir bahwa anda tidak kalah hebatnta dengan teman anda. Jangan mempedulikan betapa beruntungnya teman anda,anda harus berpikir kalau anda tidak kalah beruntung dibanding dengan mereka. Karena sebetulnya, apa yang dapat dilakukan teman,andapun memiliki potensi yang sama untuk mencapainya.

HIndarkan ada kalimat “ seandainya saya ……” dalam benakmu,karena hal itu berarti anda mengkhayal bahwa nada bukablah diri anda yang sekarang. Anda mengkhayalkan menjadi menjadi orang yang jauh dari kenyataan sebenarnya. Berkhayal / berangan – angan seperti itu tidak baik untuk anda. Seorang ahli psikologi dalam Sigmund Freud pernah berkata,” orang – orang yang sudah berbahagia tidak pernah melamun; hanya orang yang tidak puas yang suka melamun.” Meskipun kalimat tersebut tidak sepenuhnya benar, tetapi juga tidak sepenuhnya salah. Menjadi benar jika khayalan mendorong anda untuk  lebih maju dari sekarang. Menjadi salah jika akhirnya khayalan itu malah membuat anda semakin sedih dan terpuruk karena menemukan kenyataan kalau khayalan itu memang tidak seperti yang anda khayalkan.

Camkan ! Apa pun dan siapa pun yang anda khayalkan,anda harus yakin kalau anda seberuntung yang anda khayalkan. Tidak ada hidup yang sempurna,tidak ada manusia yang sempurna. Siapa pun anda, anda tetap beruntung.

Semua orang pernah berharap dirinya menjadi orang lain tetapi akhirnya mereka berhasil menjadi diri mereka sendiri. Mengapa anda tidak melakukan hal yang sama?

Cobalah lihat sekeliling anda, banyak lho yang anda bandingkan dengan anda kalau keberuntungan mereka jauh di bawah anda. Bukankah anda lebih beruntung dibanding mereka?

Apakah anda hanya merasa beruntung jika apa yang anda inginkan dapat anda dapatkan? Wah jangan begitu deh!

Apakah anda pernah menyadari kalau Tuhan sudah memberikan keluarga yang mau menerima apa adanya? Anda mempunyai banyak orang yang menyayangimu. Anda beruntung karenya.

Tiap kali melihat teman yang lebih pintar, cantik, cakep, kaya, ngetop anda langsung merasa “ panas “, gelisah, dan merasa minder. Hal ini wajar dialami karena persaan ini akan tiba – tiba muncul saat anda merasa “ kurang “ dibandingkan dengan teman, dan hal ini akan selalu terjadi karena anda kurang menghargai diri anda sendiri. Padahal anda sendiri tahu, walaupun anda tidak cantik, cakep, kaya, ngetop tetapi anda mempunyai kelebihan, prestasi lain, punya banyak sahabat. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, ini wajib anda sadari agar perasaan iri tidak menggerogoti hati. Manfaatkan perasaan iri utnuk kemajuan yang positif, misalnya dengan rasa iri anda malah bisa memotivasi / mendorong diri untuk menggali potensi dan meningkatkannya. Kalau anda iri karena temanmu pintar, mungkin anda lupa kalau selama ini anda kan malas belajar. Nah mulai sekaarang anda bisa lebih rajin / giat belajar kan? Mungkin saja anda malah dapat lebih pintar dibanding dengan teman. Nah mengapa harus iri pada mereka? ( Lewi )

 
Leave a comment

Posted by on April 10, 2010 in Blogroll, INDAHNYA DUNIA

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: