RSS

TUHAN MENGERTI YANG KITA BUTUHKAN

12 Jan

Terkadang orang tua bisa ayah atau ibu diprotes oleh anaknya dengan mengatakan “ ayah tidak adil, atau ibu tidak adil “ pada saat  orang tuanya membagikan kue atau yang lainnya. Di sekolah juga dapat terjadi hal serupa mana kala seorang guru memberikan nilai yang berbeda untuk sejumlah pertanyaan yang bobotnya kelihatan sama. Demikian juga para guru yang merasa dperlakukan tidak adil oleh atasnnya. Dikalangan buruh atau pegawai yang menuntut agar upah pekerja harus adil. Bahkan semakin banyak orang yang menuntut keadilan lewat unjuk rasa di mana – mana.

Kalau kita mendengar teriakan “ tidak adil , tidak adil! dari para pengunjuk rasa yang terus dikumandangan di sepanjang perjalanan atau di suatu tempat. Mungkin kita merasa kasihan. Mendengar perkataan itu kita akan teringat akan keluhan yang disampaikan oleh para upahan dalam perumpamaan yang disampaikan oleh Tuhan Yesus tentang pekerja – pekerja di sebuah kebun anggur. Ada beberapa pekerja upahan yang bekerja sampai 12 jam lamanya, ada yang bekerja selama 9 jam, ada yang 6 jam bekerja, serta 3 jam, bahkan ada beberapa yang baru 1 jam bekerja. Yang mereka butuhkan adalah makan untuk seluruh anggota keluarganya. Namun mereka semua mendapat upah yang sama. Maka wajarlah kalau yang bekerja lebih lama memprotes dan berkata “ Ini tidak adil “ Tetapi apa yang terjadi? Sang Boss yang dicela dan diprotes sebagai Boss yang tidak adil itu mengatakan pada mereka: “ Saya bukanlah tidak adil. Saya murah hati. Saya tidak bertanya tentang prestasi atau lamanya bekerja, tetapi apa yang dibutuhkan. Nah saya memberikanya kalian butuhkan yaitu  agar ia bersama anggota keluarganya dapat hidup aman dan tenteram. Dalam peristiwa yang lain misalnya tentang Zakeus yang pegawai pajak yang korup I, sebenarnya tidak layak untuk dikunjungi , apa lagi akan bersama – sama dengan beliau. Tetapi ia sangat memerlukan  / mebutuhkan agar Tuhan Yesus mau menerima dirnya. Maka terjadilah suatu perubahan cara hidupnya. Bahkan ia akan membayar empat kali lipat segala kerugian yang telah diperbuatnya.

Malaslah di atas adalah perumpaan yang perlu kita renungkan. Secara nyata memang benar kalau orang yang bekerja lebih banyak sudah sepantasnya mendapat upah yang lebih banyak dari pada orang yang hanya bekerja hanya sebentar. Dan kalau diperlakukan sama dengan yang lain maka ia tidak menerima maka wajarlah kalau ia memprotes Bossnya dan itu haknya. Namun pandangan Yesus lain, Yesus melihat  dan  mengetahui dari sisi apa yang dibutuhkan orang, Yesus tidak melihat dan memperhitungkan berapa lamanya orang bekerja,prestasinya. Sepertinya halnya ketika mengunjungi rumah Zakeus dan makan bersamanya, Yesus tidak memberi hukuman tetepi justru menerima dan mengetahui apa yang dibutuhkan Zakeus.  maka  terjadilah perubahan dalam hidupnya.

Bagi kita, mengusahakan sebanyak – banyak apa yang menjadi kebutuhan kita adalah menjadi keiingan manusiawi kita, dan Tuhan pun mengetahuinya, Namun yang terkadang dilupakan adalah rasa syukur pada Tuhan. Ingat bahwa kita telah meminta dan Tuhan yang memberi dengan penuh berlimpah. Hal yang paling sepele dan remehpun dapat dijadikan ungkapan  rasa bersyukur.pada Tuhan. Setiap sinar terang dalam kehidupan kita, setiap kegembiraan yang hanya sebentar sekalipun, setiap perjumpaan dengan orang lain yang menyenangkan, setiap kekuatan yang bisa membantu memberikan kekuatan perjalanan hidup ini, jadikanlah semuanya bahan untuk bersyukur. Karena

itulah rahmat dari Tuhan. Kita harus menyadari bahwa segala berbuatan baik yang membuat orang lain senang, aman, bahagia  adalah merupakan buah – buah Roh Kudus yang berasal dari Tuhan sendiri. Nah bagimana jika kalau perbuatan kita menyebabkan orang lain mederita lahir dan batin?

 
1 Comment

Posted by on January 12, 2011 in ARTICLE, Blogroll

 

Tags: , , , , , ,

One response to “TUHAN MENGERTI YANG KITA BUTUHKAN

  1. Samuel

    February 21, 2011 at 9:00 pm

    Saya copas ya ..
    tenang saya tinggalin sumber nya ^.^

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: