RSS

Waktu untuk Bekerja, Waktu untuk Diri Sendiri

09 Dec

Alkitab mengatakan agar kita bekerja keras untuk menyediakan nafkah bagi keluarga. (Efesus 4:28) Namun, kita juga dianjurkan untuk ’makan, minum, dan menikmati hal-hal baik untuk semua kerja keras kita’. (Pengkhotbah 3:13) Sebenarnya, bekerja keras tanpa istirahat yang sepatutnya atau rekreasi dapat merongrong banyak sukacita Anda dalam kehidupan. Hal itu dapat menyebabkan problem kesehatan yang serius.

Terus-menerus bekerja melampaui batas telah dikaitkan dengan obesitas, kecanduan alkohol, penyakit jantung, kecelakaan di tempat kerja, ketergantungan obat, kekhawatiran, kelelahan, depresi, dan banyak lagi gangguan lainnya yang berkaitan dengan stres. Bekerja melampaui batas juga dapat mematikan. Sebuah laporan memperkirakan bahwa di Jepang sekitar 10.000 orang tewas setiap tahun karena bekerja terlalu keras, sama banyaknya dengan yang tewas dalam kecelakaan mobil di negeri itu setiap tahun. Fenomena ini—yang dijuluki karoshi, ”kematian akibat bekerja terlalu keras”—tidak hanya terjadi di Jepang.

Perhatikan bahwa Alkitab dengan bijaksana menasihati, ”Lebih baik segenggam ketenangan daripada dua genggam kerja keras dan perjuangan mengejar angin.” (Pengkhotbah 4:6) Ya, keseimbangan sangat penting. Jangan biarkan diri Anda terobsesi dengan profesi. Lindungi kesehatan mental, fisik, dan emosi Anda dengan menyisihkan waktu untuk beristirahat dan menikmati hasil kerja keras Anda.

”Kita hendaknya bekerja untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja,” kata Andrew, seorang ayah tiga anak. Menyeimbangkan pekerjaan dengan istirahat dan waktu santai dapat juga membantu Anda memenuhi berbagai kebutuhan keluarga Anda. Hal ini tidak mudah, teristimewa jika banyak rekening yang harus Anda bayar. (© 2011 @ Copyright © 2010 Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania)

 
Leave a comment

Posted by on December 9, 2011 in Blogroll

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: