RSS

11 Tips Aman Menggunakan Situs Pertemanan

12 Dec

Siapa sih saat ini yang tidak kenal Facebook? Beragam fasilitas dan kemudahan yang diberikan membuat situs pertemanan ini kian populer dan banyak peminatnya. Penggunanya pun berasal dari berbagai kelompok umur, dari remaja, orang dewasa, bahkan sampai anak-anak.

Seiring popularitasnya yang makin menanjak, makin banyak pula penjahat dunia maya yang melancarkan aksinya di Facebook. Para cracker, spammer, penyebar virus, pencurian data dan motif kejahatan lainnya selalu menguntit. Tentunya kita tidak mau menjadi korbannya. Oleh karenanya, perhatikanlah  11 tips aman berikut saat anda akan menggunakan situs-situs pertemanan:

1. Berhati-hatilah saat membuka link tertentu yang dikirim lewat email

Jangan asal mengklik link yang Anda terima, karena bisa jadi link tersebut berisi virus ataupun alamat situs-situs yang tidak bertanggungjawab.

2. Berhati-hati dengan apa yang anda posting tentang diri anda.

Para hackers umumnya menggunakan link “Lupa Password ” untuk membongkar informasi pribadi anda. Mereka akan memanfaatkan kata kunci dari jawaban pengingat anda seperti tanggal lahir, alamat, sekolah ataupun nama keluarga. Untuk menghindari pencurian data, buatlah kata kunci tersendiri untuk password.

3. Jangan mudah percaya pada pesan yang Anda terima

Para cracker saat ini mampu mengubah account dan mengirim email yang seolah-olah berasal dari teman anda. Jika anda mendapatkan pesan yang tidak wajar, segera hubungi teman anda untuk melakukan konfirmasi.

4. Hindarkan alamat email dari fasilitas pemindai alamat  email.

Biasanya situs pertemanan menawarkan agar alamat dan password email anda dimasukkan dalam daftar kontak di situs tersebut. Dengan fasilitas tersebut situs bisa mencari daftar teman anda dan mengirimkan email kepada semua yang ada dalam daftar kontak anda.

5. Ketiklah secara langsung alamat situs pertemanan anda dalam browser atau gunakanlah bookmark pribadi.

Jika akan masuk ke situs pertemanan, jangan gunakan link yang terkoneksi melalui email atau situs lainnya. Karena bisa jadi anda akan memasukkan account dan password  pada situs pertemanan “palsu “ di mana data pribadi anda dapat dicuri.

6. Selektif dalam memilih teman

Pelaku kejahatan biasanya memberikan informasi dan profil palsu. Berhati-hatilah ketika ada permintaan pertemanan, terlebih jika orangnya tidak anda kenal. Anda bisa menelusuri dari fasilitas “mutual friend” yang ada di situs pertemanan. Jika tidak yakin tolaklah permintaannya.

7. Berhati-hatilah dalam memilih situs pertemanan

Pahamilah aturan main dan kebijakan yang diterapkan oleh suatu situs pertemanan. Berhati-hatilah, karena anda akan diminta memberikan informasi pribadi. Pastikan bahwa informasi tersebut tidak akan disalahgunakan.

8. Ingat bahwa semua yang anda pajang di situs pertemanan tidak akan hilang

Meskipun anda bisa menghapus keanggotaan, orang lain tetap dapat mengankses foto atau tulisan anda serta menyimpan file anda.

9. Berhati-hatilah menginstall aplikasi tambahan

Banyak situs pertemanan memberi keleluasaan untuk megunduh berbagai aplikasi tambahan. Para pelaku kejahatan dunia maya sering menggunakan fasilitas ini untuk mencuri informasi pribadi. Untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi tambahan yang aman, pastikan gunakan security setting  saat  mengunduh aplikasi tersebut dari website.

10. Hindari penggunaan situs pertemanan saat jam kerja

Penggunaan situs pertemanan saat jam kerja tentunya akan mengganggu pekerjaan dan menurunkan produktifitas. Di samping itu tentunya anda bisa kena teguran dari pimpinan.

11. Berkomunikasilah dengan anak anda

Jika anak-anak anda juga pengguna situs pertemanan, berikanlah pemahaman yang cukup kepada anak-anak anda tentang manfaat dan bahaya yang mungkin timbul dari situs pertemanan.

Sumber : microsoft.com

 
Leave a comment

Posted by on December 12, 2011 in ARTICLE

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: