RSS

Waduh, Google Play Simpan 290 Ribu Aplikasi Berbahaya

02 Nov
detikinet


Berpikir bahwa hanya membeli aplikasi dari ‘toko resmi’ sudah aman? Belum tentu. Pengguna Android, waspadai aplikasi berbahaya yang beredar di Google Play.

Hasil penelitian yang dilakukan firma keamanan cyber Bit9 menyebutkan, dari 412 ribu aplikasi di Google Play yang diuji, 290 ribu diantaranya patut diwaspadai. Aplikasi ini berpotensi mengakses informasi personal penggunanya.

Meski tidak dikategorikan sebagai malware, Bit9 seperti dilansir Ubergizmo dan dikutip detikINET, Jumat (2/11/2012), mengelompokkan aplikasi-aplikasi ini dengan label ‘berbahaya’. Bit9 membagi aplikasi dalam sejumlah kategori.

Laporan Bit9 menyebutkan, 42 percen dari aplikasi yang diuji tersebut mengakses data lokasi GPS. Sebanyak 31 persen ‘mengintai’ panggilan telepon, 26 persen mengakses data personal seperti kontak dan email dan 9 persen memanfaatkan permission yang bisa membebankan biaya pada si pengguna.

Penelitian Bit9 dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan produk mobile agar lebih baik. Selain Google Play, Bit9 juga akan memperluas risetnya ke platform lain seperti Apple App Store dan Amazon Appstore.

 
Leave a comment

Posted by on November 2, 2012 in IT NEWS JHOE

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: